LINUX

Beberapa tahun belakangan ini perkembangan Windows jauh lebih pesat daripada sistem operasi lain semisal linux dan Mac OS tetapi karena sifat Windows yang Closed Source alias harus membayar lisensi yang tinggi membuat sebagian pengguna komputer enggan menggunakan OS ini di komputer mereka apalagi saat ini perkembangan linux sangatlah cepat.

Keunggulan Windows adalah betapa mudahnya mendapatkan aplikasi OS ini tetapi begitu mudahnya juga rentan terhadap virus. Kelemahan ini yang membuat para pengembang komputer berpikir untuk membuat suatu sistem operasi yang aman dan mudah digunakan.

Linux merupakan salah satu sistem operasi terbuka yang dikembangkan secara gratis bagi seluruh masyarakat dunia tanpa harus membayar lisensi yang mahal. Bahkan di situs resminya kita bisa mendapat kiriman CD Linux gratis tetapi harus sabar menunggu 6 minggu waktu pengiriman. Contoh Linux yang memberikan CD gratis ini adalah Ubuntu.

Tampilan Linux tidak jauh berbeda dengan Windows bahkan lebih baik daripada tampilan Windows yang terlalu ramai. Ada macam-macam jenis Linux semisal Ubuntu, Mandrake, DLL.

Instalasi Linux pun lebih mudah daripada Windows XP yang memakan waktu sangat lama dalam instalasinya.

Kelemahan Linux yang paling menonjol adalah sedikitnya aplikasi yang mendukung Grafis sehingga aplikasi ini kurang disarankan untuk grafis. Tetapi bagi pengguna Netbook maupun Notebook yang berfokus pada internet dan office tidak akan menemui masalah yang berarti.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar